Kamis, 30 Agustus 2012

Tips Agar Kendaraan Tidak Boros BBM

,
Tips Menghemat Agar Kendaraan Tidak Boros Bensin. Kalau Disitus lain, tips seperti ini di komersialkan ( dijual ) untuk tujuan bisnis resseler, bagi saya info seperti  ini saya berikan gratis untuk anda tanpa bayar uang sepeserpun.
Tulisan ini mencoba merangkum (tentunya dari berbagai sumber) mengenai beberapa tips bagaimana mengehemat BBM.
Untuk memudahkan dibagi menjadi 2 Faktor yiatu eksternal(kendaraan) dan internal(driver/driving style). Berikut ini tips-tipsnya:
EKSTERNAL
1. Tekanan Ban
Pastikan tekanan ban kendaraan dalam kondisi optimal, tidak kurang tapi juga tidak berlebihan (sesuaikan dengan kondisi beban). Sehingga gesekan antara permukaan ban dengan jalan dapat berkurang.
2. Suhu Mesin Ideal
Jangan jalankan mesin dalam kondisi dingin, hingga benar-benar tercapai suhu ideal. Mesin mobil bekerja secara optimal pada suhu yang cukup tinggi. Jika mesin bekerja pada suhu yang rendah akan membuat komponen mesin cepat mengalami kerusakan, detonasi, membuat polusi dan boros bahan bakar.
3. Gunakan Oli yang Sesuai
Gunakan oli yang sesuai dengan mesin anda, sehingga komponen mesin yang bergerak di dalamnya terlumasi dengan baik. Jangan lupa juga untuk mengganti oli sesuai waktu. Untuk Karimun yang direkomendasi dari pabrik adalah SAE10W-40. Soal merek itu cocok-cocokan.
4. Servis Rutin dan Uji Emisi
Servis rutin di bengkel resmi serta melakukan tune-up dapat menjaga kesehatan Karimun anda, karena jika ada parts yang sudah akan rusak dapat segera terdeteksi. Jangan lupa juga untuk melakukan uji emisi, sehingga dapat diketahui pembakaran bahan bakar yang optimal.
INTERNAL
1. Injak Pedal Gas Perlahan
Untuk menambah kecepatan, injak pedal gas perlahan-lahan, sesuaikan dengan putaran mesin, sehingga bahan bakar yang digunakan optimal dengan pembakaran di ruang mesin.
2. RPM Optimal
Untuk jalan dalam kota yang lebih sering macetnya, gunakan RPM optimal untuk masing-masing gigi perseneling. Untuk di Karimun sebaiknya pindah perseneling lebih tinggi setelah RPM menyentuh 3000 RPM.
3. Gunakan persneling yang sesuai
Jangan paksakan kendaraan anda untuk berjalan pelan dalam kemacetan atau berjalan dari kondisi berhenti dengan gigi lebih tinggi dengan dalih untuk mencapai RPM rendah, karena sesungguhnya hal itu membenani mesin. Begitu juga sebaliknya pada kecepatan tinggi.
4. Menggunakan Trans Engine, karena Trans Engine bisa membuat irit BBM sampai 30%.. Trans Engine baik digunakan untuk merawat jangka panjang untuk kendaraan Anda karna Trans Engine bersifat melindungi dan membersihkan kotoran yang ada di dalam rongga mesin/di dalam ruangan mesin, sehingga pembakaran di dalam mesin akan Maksimal. 

Jakarta Macet!!

,
Hampir semua jalan di Jakarta mengalami kemacetan yang cukup membuat kita pusing, kesal, dan uring-uringan akibat kemacetan yang terjadi. Sebenarnya sederhana saja, kemacetan itu disebabkan oleh ketidakseimbangan antara pertambahan jumlah kendaraan dan pertambahan jumlah jalan.

Selama ini pertambahan jumlah kendaraan meningkat dengan pesat sementara pertambahan jalan bisa dikatakan tidak ada pertambahan yang signifikan. Selain itu, faktor yang turut berperan dalam kemacetan adalah banyak pengendara yang tidak disiplin dan tidak mematuhi peraturan berlalu lintas serta jumlah penduduk DKI Jakarta yang semakin banyak akibat urbanisasi.

Beberapa cara yang telah ditempuh oleh pemerintah DKI Jakarta dalam mengatasi kemacetan, seperti memberlakukan three in one pada jalan-jalan tertentu dan membangun transportasi Busway Tapi nampaknya usaha tersebut tetap saja tidak bisa mengatasi kemacetan. Khusus untuk busway, transportasi massal jenis ini memang sangat dibutuhkan, tapi bukan untuk mengatasi kemacetan, justru sebaliknya, karena jalan yang digunakan oleh busway tidak dibarengi dengan pelebaran jalan, sehingga jalan semakin sempit akibatnya makin menimbulkan kemacetan. Di samping itu masyarakat pengguna busway justru dimonopoli oleh masyarakat yang nota bene tidak memiliki kendaraan roda empat.

Jakarta sebagai Ibukota Republik Indonesia disokong oleh beberapa daerah seperti Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Depok. Di mana banyak masyarakat atau penduduk yang bertempat tinggal di daerah-daerah tersebut bekerja di Jakarta. Bisa dibayangkan kalau sebagian besar dari mereka menggunakan kendaraan ditambah dengan penduduk Jakarta yang terus bertambah. Jakarta jadi membludak dan akibatnya kemacetan terjadi di mana-mana.

Sebagai negara yang masih berkembang, tentu masyarakatnya, berlomba-lomba menuju ke penghidupan yang lebih baik. Pada umumnya, mereka mengukur kesuksesan dengan memiliki kendaraan roda 4 (mobil). Ada kebanggaan dalam dirinya dan ingin menunjukkan kepada keluarga, teman, dan masyarakat di sekelilingnya bahwa ia telah sukses. Semakin banyak mobil semakin kaya (sukses) dan banggalah ia.

Hal yang juga memicu kemacetan adalah jumlah penduduk. Orang berlomba-lomba hijrah ke Jakarta mencari pekerjaan atau kehidupan yang lebih layak. Umumnya, putra-putri terbaik daerah yang telah menyelesaikan pendidikan tinggi hijrah ke Jakarta. Bahkan yang tidak berpendidikan pun semuanya hijrah ke Jakarta. Ibaratnya Jakarta adalah gula yang dikerebuti oleh semut. Sehingga menimbulkan banyak masalah, seperti pengangguran, kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial, kepadatan penduduk, dan lain-lain. Kenapa bisa terjadi demikian? Hal itu dapat disebabkan karena pembangunan yang tidak merata. Jakarta sebagai Ibukota negara mendapat perhatian yang berlebihan dalam semua aspek pembangunan, baik industri, infra suruktur maupun birokrasinya. Sementara daerah lain mendapatkan porsi dan perhatian yang lebih kecil. Sehingga terjadi ketidakseimbangan. Belum lagi pembangunan banyak yang tidak berorientasi lingkungan, sehingga dampaknya menjadi rawan banjir, longsor. dan sebagainya. Dampak yang lebih besar mungkin saja akan terjadi dalam beberapa tahun mendatang. Jakarta sepertinya tempat untuk praktek segala aktivitas kehidupan di Indonesia, tanpa ada perencanaan yang matang.

Sebagai sebuah negara yang luas dan terdiri dari banyak pulau dan jumlah penduduk yang besar. Perlu dipikirkan suatu sistem yang sesuai dalam menata negara ini. Mungkin kita bisa meniru sistem yang dipakai di Amerika Serikat, karena hampir ada kemiripan dalam hal luas daerah dan jumlah penduduk.

Ide tentang perpindahan ibu kota dan pembagian daerah (kota) sesuai dengan aktifitas terbesarnya juga mungkin merupakan solusi yang bisa dipertimbangkan, dipikirkan dan direncanakan secara matang. Namun itu merupakan solusi jangka panjang. Yang harus segera dilaksanakan, yaitu bagaimana untuk segera mengatasi kemacetan di Jakarta.

Rabu, 29 Agustus 2012

Cara Meningkatkan Performa Mesin Motor

,
Seringkali muncul pertanyaan, gimana sih mas cara mudah bikin motor lebih kenceng? Pertanyaan sederhana, tapi jawabnya bingung mau mulai darimana, kalok dijawab diiket tampar trus dicantolin ke pesawat sih anak kecil juga tau jawabnya :) Jadi riset selama ini menunjukkan ada beberapa cara hemat, mudah, ringkas untuk dilakukan untuk memperbaiki kinerja mesin, bahkan meningkatkan Performa mesin.

Menambah kapasitas mesin – Kapasitas mesin lebih besar berarti lebih bertenaga, bukan berarti kapasitas kecil ga bisa kencang, orang yang bore up gila2an aja kadang masih kalah dengan yang kapasitasnya lebih kecil :) Tapi mengesampingkan hal itu semua, untuk motor harian, meningkatkan kapasitas mesin lebih besar dari bawaan pabrik akan memperbaiki prestasi motor, karena kamu bisa memperoleh lebih banyak debit gas yang terbakar dalam setiap putaran mesin, masuk akal bukan? :) Caranya hanya ada dua : Melesakkan piston dengan diameter lebih besar, atau memanjangkan langkah ayun piston dengan menggeser big end lebih maju atau mengganti dengan pen stroker aftermarket yang umum dijual di pasaran.

Meningkatkan Rasio – Rasio Kompresi yang lebih tinggi pasti memproduksi tenaga lebih, sedikit atau banyak. Semakin kamu padatkan campuran udara/bahan bakar , semakin cepat campuran ini menyembur menjadi api secara spontan, namun tentunya harus diimbangi dengan oktan bahan bakar yang pas untuk mencegah pembakaran dini. Ini jawaban kenapa mesin motor balap road-race, atau drag yang diliput di tabloid-majalah umumnya memakai bahan bakar ber oktan tinggi – karena mesin mereka memakai rasio kompresi lebih tinggi untuk mendapatkan tenaga. Lantas caranya bagaimana, ada banyak cara. Mulai dari memapas kop atau cylinder head, blok, meninggikan dome piston, atau mempersempit kubah ruang bakar hingga menyerupai bak mandi orang kaya (bathtub maksudnya) kalok yang belum tau bathtub… sama… hahahahah soalnya di rumah adanya emberrrr :D Atau bisa juga dengan menggabungkan berbagai metoda itu.

Mudahkan udara mengalir masuk – Ketika piston meluncur mundur atau turun pada langkah hisap, hambatan udara dapat merampok pundi-pundi tenaga dari mesin. Hambatan udara bisa dikurangi dengan modifikasi serius, karena kesalahan bisa berakibat fatal, melakukan modifikasi pada saluran pemasukan silinder atau seringkali disebut Porting, selain memperbesar volumenya, pun harus memperhatikan geometri porting agar lebih terarah dan aliran udara menjadi lembut. Teknik lain yang mampu mengurangi hambatan secara drastis adalah konfigurasi multi klep masuk atau menempatkan 2 klep masuk dalam sebuah silinder. Dan intake manifold yang halus layaknya manifold koso yang mahal tentu sangat bagus melancarkan aliran udara/bahan bakar yang ingin masuk ke porting. membuka filter udara adalah cara yang paling mudah :)

Lepaskan gas buang denga bebas keluar – Jika hambatan udara membuat gas keluar dari silinder, ini akan mengambil tenaga mesin. Sama seperti kita jika susah BAB, hahahha… :D sama gak sih?! :) Cara memperlancar gas buang gimana? Apa pasang knalpot free flow? Itu satu cara, urutan pelepasan gas buang tentu dari klep exhaust. Dengan memperbesar atau head yang memakai dua klep buang secara cepat akan mampu melepas gas sisa pembakaran dari dalam silinder. Memperbaiki porting buang, seperti kata pepatah Graham Bell ” Kalok gak seukuran 100 % diameter klep – maka belum racing namanya” hehehe… Yang halus lebih baik. Kalau perlu mengkilat seperti kaca. Kalau perlu, lho… :)   Jika pipa knalpot terlalu keciiilll… seperti bawaan pabrik, atau muffler memiliki banyak sekat akan membuat efek tendangan balik semakin besar. Knalpot performa tinggi memakai rangakaian pipa header yang lebih besar, dan pipa belakang yang semakin membesar, dan muffler free flow yang akan mengusir kotoran jauh-jauh dari dalam silinder. Penyakit kok dipelihara dalam perut… :D Jika kamu mendengar knalpot free-flow, maka tujuan memakai knalpot itu adalah meningkatkan Performa mesinnya.
Buat semuanya ringan – Part yang lebih ringan membantu mesin bekerja lebih baik. Setiap piston berubah arah, pasti memerlukan energy untuk berhenti dan memulai ke arah yang lain. Piston yang lebih ringan mengurangi pemakaian energy ini. Mengurangi beban gesekan, mengurangi beban rotasi, semua hal ini apa yang disebut meningkatkan efisiensi mekanis.

Injection – Sistem kontrol campuran bahan bakar secara elektronis melalui injector akan memberikan keakuratan tingkat tinggi pada setiap derajat langkah piston dan kepastian debit yang dibutuhkan sesuai beban mesin. Oleh karenanya teknologi ini meningkatkan performa dan pemakaian bahan-bakar yang lebih ekonomis. Jadi, mengapa mengganti injeksi dengan karburator jika ingin meningkatkan tenaga motor? Cape deh…

Sabtu, 11 Agustus 2012

Trans Engine Penghemat BBM

,
Trans Engine merupakan Oli Addtive hasil riset inovatif salah satu karya anak bangsa yang cinta akan negara dan lingkungannya

Trans Engine adalah suatu proses Kimia dan Fisika yang terjadi di dalam mesin dengan meng-ekstraksi unsur-unsur yang ada dalam mesin. Dalam proses ekstraksi tersebut akan menyebabkan kotoran-kotoran yang ada dalam mesin terserap. Baik yang ada di rongga mesin maupun yang di kepala piston, dengan terciptanya Gas Hidrogen yang melepaskan Carbon yang ada di piston. Sehingga Mesin akan bersih dan bekerja dengan optimal.

Cara Kerja Trans Engine
Dalam Trans Engine terdapat Clean dan Power, Clean bekerja untuk membersihkan ruang mesin sampai ke celah-celah mesin dengan menyerap kotoran mesin yang ada (lumpur olie, gramasi maupun kerak-kerak) dan memecahnya menjadi partikel-partikel yang sangat halus, sehingga tidak mengganggu kinerja mesin.

Manfaat yang terdapat dalam Trans Engine adalah :
 * Meningkatkan Performa mesin
 * Mesin menjadi Halus dan Ringan
 * Getaran lebih Stabil
 * Umur Oli lebih panjang sampai 2X 
 * Menurunkan Emisi Gas buang sampai 40%

Trans Engine sifatnya hanya membersihkan dan melindungi mesin saja, jadi bagus buat perawatan jangka panjang untuk kendaraan Anda.

Trans Engine dapat di gunakan segala jenis kendaraan apa saja bagi kendaraan yang menggunakan Oli. karna habitat Trans Engine ada di dalam Oli mesin, dan bisa juga di gunakan untuk mesin industri, misalnya penggilingan Padi, Mesin Diesel dll.

Ternyata banyak manfaat dari Trans Engine, selain menunjukan Cinta Produk Indonesia juga cinta akan lingkungan karna dapat mengurangi Polusi di Negara kita.

Trans Engine di buat 100% dari bahan baku Lokal, 100% aman akan lingkungan, 100%  mendukung Program pemerintah "Langit Biru , Bumi Hijau."
Berapa juta liter yang akan terbuang ke lingkungan kita?
Berapa banyak gas buang kendaraan motor, mobil dan mesin-mesin industri yang membebani Atmosfir kita?
Mari kita Selamatkan Bumi kita dengan mendukung pemerintah "Langit Biru, Bumi Hijau."





 

Trans Engine Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates